10 Ikan Hias Air Laut Paling Banyak Disukai

Ikan hias adalah ikan yang dijadikan hewan peliharaan yang umumnya di pelihara didalam aquarium atau kolam. Beberapa kalangan mempercayai bahwa dengan memelihara ikan dapat memberikan suasana positif didalam lingkungan mau pun seseorang. Tidak sedikit juga orang mempercayai bahwa dengan memelihara ikan tertentu dapat membawa keberuntungan dan keselamatan.

Spesies - spesies Ikan Hias Air Laut Pavorit

Ikan hias dikategorikan menjadi 2 kelompok yang dibedakan menurut habitat jenis airnya, yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Berikut 10 ikan laut yang kerap di cari dan di buru untuk dijadikan sebagai ikan hias peliharaan.


1. Banggai Cardinalfish / Capung Ambon
Banggai Cardinalfish / Capung Ambon

Banggai Cardinalfish adalah salah satu spesies ikan kecil laut yang merupakan satu-satunya spesies ikan dari genus Pterapogon. Ikan yang memiliki ukuran panjang tubuh tidak lebih dari 8,6cm ini memakan plankton, demersal, organisme bentik hingga copepoda. Banggai Cardinalfish berasal dari Kepulauan Banggai, Indonesia dan termasuk salah satu spesies ikan berstatus terancam yang diakibatkan oleh perburuan ikan yang memiliki warna tubuh kecokelatan dengan garis-garis vertikal berwarna hitam.

Klasifikasi:
Keluarga : Apogonidae > Genus: Pterapogon > Spesies: P. Kauderni > Nama binominal: Pterapogon kauderni (Koumans, 1933).


2. French Angel Fish / Injel Prancis
French Angelfish / Injel Prancis

French Angel Fish / Injel Prancis adalah angelfish besar dengan panjang sekitar 40cm dari keluarga Pomacanthidae. Spesies ikan ini dapat ditemukan di Atlantik barat dari New York dan Bahama hingga Brasil, serta di Teluk Meksiko dan Karibia, termasuk Antillen, Roatan, dan Atlantik timur dari sekitar Pulau Ascension dan St Paul's Rocks, pada kedalaman laut antara 2 dan 100m.

Klasifikasi:
Keluarga: Pomacanthidae > Genus: Pomacanthus > Species: P. paru > Nama binominal: Pomacanthus paru (Bloch, 1787).


3. Juvenile Emperer Angelfish
Juvenile Emperer Angelfish

Juvenile Emperer Angelfish adalah salah satu spesies anglefish yang berasal dari Samudra Hindia dan Pasifik, dari Laut Merah hingga Hawaii dan Kepulauan Austral. Ikan yang memiliki corak warna yang bisa disebut cantik ini termasuk ikan hias yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias.

Klasifikasi:
Keluarga: Pomacanthidae > Genus: Pomacanthus > Species: P. imperator > Nama binominal: Pomacanthus imperator (Bloch, 1787).


4. Clownfish / Ikan Badut
Clownfish / Ikan Badut

Clownfish atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Ikan giru atau Ikan badut merupakan spesies - spesies ikan yang berasal dari subfamily Anemonefish. Ikan yang sebenarnya termasuk salah satu ikan hias air laut terpopuler ini memiliki 8 jenis spesies. Ukuran panjang tubuh spesies paling kecil berkisar 6cm, sementara spesies terbesar dapat tumbuh hingga 18cm. Clownfish memiliki warna tubuh bervarian, antara lain kuning keoranyean, jingga, kemerahan dan hitam. Mereka tersebar di lautan Pasifik, lautan India, Laut merah dan karang besar Australia.

Klasifikasi:
Keluarga: Pomacentridae > Subfamili: Amphiprioninae > Genera: Amphiprion (Bloch & Schneider, 1801) dan Premnas (Cuvier, 1816).


5. Lined Butterflyfish
Lined Butterflyfish

Lined Butterflyfish merupakan salah satu spesies ikan dari keluarga Chaetodontidae dan menjadi salah satu spesies terbesar di genus Chaetodon. Ikan yang hidup di kawasan Laut Merah hingga Afrika Selatan, timur Jepang dan Hawaii selatan ini berwarna tubuh putih, dengan bar vertikal hitam tipis yang bergabung dengan pita hitam tebal di pangkal ekor dan sirip dorsal. Sementara ekor, dorsal, dan sirip dubur berwarna kuning. Paduan corak dan warna tersebut membuat ikan yang dapat tumbuh hingga sekitar 30cm ini layak menjadi salah satu ikan hias air laut paling mempesona.

Klasifikasi:
Keluarga: Chaetodontidae > Genus: Chaetodon > Species: C. lineolatus > Nama binominal: Chaetodon lineolatus (G. Cuvier, 1831).


6. Lion Fish / Lepu
Lion Fish / Lepu

Lion Fish atau Lepu adalah sekelompok spesies ikan predator beracun yang hidup di laut dan memiliki "duri" yang merupakan bagian dari genus Pterois. Terdapat 12 jenis spesies lionfish antara lain, Andover lionfish, Spot-fin lionfish, Pterois brevipectoralis, Red Sea lionfish, Luna lionfish, Devil firefish, Frill-fin turkeyfish, Pterois paucispinula, Clear-fin lionfish, Soldier lionfish, Hawaiian turkeyfish dan Red lionfish.

Klasifikasi:
Keluarga: Scorpaenidae > Subfamily: Pteroinae > Genus: Pterois (Oken, 1817).