Ikan Giru.. Badut Di Lautan

Ikan Guru atau lebih dikenal sebagai ikan badut atau ikan nemo atau dalam bahasa inggris memiliki nama Clownfish atau anemonefish adalah ikan dari keluarga Pomacentridae cabang keluarga Amphiprioninae yang memiliki sekitar 28 spesies.

Gambar Ikan Giru.. Badut Di Lautan

Ikan yang di habitatnya bersimbiosis dengan anemon laut ini tersebar di lautan Pasifik, lautan India, Laut Merah, dan karang besar wilayah Australia. Anemon akan melindungi Ikan Giru dari serangan pemangsa dan sebaliknya Ikan Giru akan membersihkan Anemon dengan memakan sisa-sisa makanan Anemon.

Klasifikasi ilmiah
KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderPerciformes
FamilyPomacentridae
SubfamilyAmphiprioninae
Genera-.Amphiprion (Bloch & Schneider, 1801)
-.Premnas (Cuvier, 1816)

Warna serta ukuran tubuh ikan badut tergantung spesiesnya, namun pada umumnya ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar ikan badut dapat mencapai panjang tubuh sekitar 18cm, sementara yang terkecil hanya berukuran 6cm.

Ikan Giru adalah hermafrodit sekuensial, artinya mereka berkembang menjadi laki-laki terlebih dahulu, dan ketika dewasa, mereka menjadi betina. Mereka berkelompok dan hanya ada satu induk betina dalam kelompok tersebut yang bereproduksi - melalui pemupukan eksternal. Apabila induk betina tidak lagi berada dalam kelompok seperti dikarenakan kematian, maka salah satu jantan yang paling besar dan paling dominan akan menjadi betina. Laki-laki yang tersisa naik peringkat dalam hirarki.

Ikan Giru termasuk ikan hias peliharaan yang banyak di minati oleh para penggemar ikan hias, biasanya ikan ini disimpan atau dipelihara didalam aquarium air laut. Selain dijual di tempat atau toko ikan hias, ikan badut atau ikan giru juga banyak dijual belikan secara online di hampir semua toko online dengan harga bervarian tergantung spesies dan kualitas ikan tersebut.