3 Jenis Paus Terbesar Di Dunia

Paus adalah mamalia yang hidup di lautan anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus bukanlah ikan, fosil menunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku yang secara berangsur menghuni lautan "berevolusi" sekitar 50 juta tahun yang lalu.

Paus dibagi kedalam 2 kelompok:
  1. Paus bergigi atau Odontoceti, yaitu paus yang hanya memiliki satu lubang pernapasan. Paus Odontoceti merupakan predator bagi ikan, sotong, dan mamalia laut. Mereka berkerabat dekat dengan pesut dan lumba-lumba.
  2. Paus tidak bergigi atau Mysticeti, yaitu paus yang memiliki 2 lubang pernapasan. Paus Mysticeti memiliki struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton yang menjadi makanannya. Ukuran mereka tubuh mereka lebih besar dibandingkan kelompok paus bergigi.

Right Whale
Paus tidak bergigi Right whale

Right Whale atau di Indonesi dikenal dengan nama Paus Sikat atau Black Whale (paus hitam) adalah spesies paus balin besar dari genus Eubalaena yang memiliki ciri khas bercak kasar kulit di kepalanya. Paus yang memiliki bentuk punggung cenderung melebar ini dapat tumbuh hingga lebih dari 19,8 meter atau 65 kaki dengan berat hingga sekitar 135.000kg. Terdapat 3 spesies dari paus jenis Right Whale antara lain Paus Atlantik Utara atau E. glacialis, Paus Pasifik Utara atau E. japonica, dan Paus Selatan atau E. australis.


Finback Whale
Paus Mysticeti Finback Whale

Finback Whale (B. physalus) atau Paus sirip atau paus bersirip adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus yang berpostur cenderung panjang dan langsing ini dapat tumbuh hingga panjang sekitar 27 meter. Paus yang memiliki sirip berwarna abu-abu kecoklatan dengan permukaan bawah lebih terang ini memiliki 2 subspesies antara lain Paus Sirip Utara (B. p. physalus) di Atlantik utara dan Paus Sirip Antartika (B. p. quoyi) di Samudera daerah selatan.


Blue Whale
Paus biru terbesar Blue Whale

Blue Whale (Balaenoptera musculus) atau Paus Biru adalah jenis paus terbesar nomber satu di dunia dengan panjangnya tubuhnya dapat mencapai lebih dari 35 meter dan bobot sekitar 181 ton atau lebih. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui. Terdapat 3 subspesies paus biru antara lain B. m. musculus di Pasifik Utara dan Atlantik Utara, B. m. intermedia di Samudra Selatan, dan B. m. brevicauda yang juga disebut sebagai paus biru kerdil di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan. Paus yang memiliki sirip punggung cenderung kecil ini merupakan hewan terbesar yang ada di dunia pada saat ini.


Klasifikasi ilmiah Paus
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMamalia
SubkelasEutheria
OrdoCetacea